Badai Debu Porak Porandakan Desa Sumberbrantas 

Home / Berita / Badai Debu Porak Porandakan Desa Sumberbrantas 
Badai Debu Porak Porandakan Desa Sumberbrantas  Petugas BPBD dan relawan mengimbau pengguna jalan agar tidak melalui jalan di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji karena terlalu beresiko untuk keselamatan diri. (foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESPAPUA, BATUDesa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur diporak porandakan angin ribut. Tidak hanya bangunan semi permanen yang diterbangkan, angin menerbangkan tanah kering di areal persawahan hingga mengakibatkan badai debu

Seperti badai di padang pasir, angin bercampur tanah ini mampu menjatuhkan pengendara motor dan 'membutakan mata' karena mirip situasi saat gunung meletus. 

Badai-Debu-2.jpg

Kondisi terparah terjadi pukul 11.30 WIB. Hingga membuat mobil pun memilih menghentikan laju kendaraan. 

Petugas BPBD, Tagana, PMI serta sejumlah relawan mengimbau kepada pengguna jalan untuk sementara waktu beristirahat di Balai Desa Sumberbrantas dan Masjid Sumberbrantas. 

Sejak Sabtu malam petugas dan relawan bekerja keras. Tidak hanya mengevakuasi warga yang atap rumahnya diterbangkan angin, petugas berusaha keras membebaskan jalan dari pohon tumbang. 

"Waspada dan berhati-hati bila beraktivitas atau berkendara di jalan raya. Tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, baliho dan lainnya yang berpotensi jatuh atau roboh," ujar Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochiim. 

Badai-Debu-3.jpg

BPBD Kota Batu melarang penggunaan jalur Cangar - Pacet dikarenakan bahaya pohon rawan tumbang dan terbatasnya jarak pandang akibat angin dan debu.

"Kita iimbau untuk melaporkan jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu," ujar Rochiim. 

Hingga kini dua orang warga dilarikan ke rumah sakit, satu karena kakinya tersayat seng dan tangan tersayat pecahan kaca. 

BPBD juga mengevakuasi seorang ibu dan anaknya yang terjebak badai.  Petugas pun membuat tiga sekat agar pengguna jalan dari Kota Batu yang hendak menuju Mojokerto agar tidak melewati Desa Sumberbrantas karena beresiko pada keselamatan jiwa. 

Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu betul-betul diporak porandakan angin. Tidak hanya bangunan semi permanen yang diterbangkan, angin menerbangkan tanah kering di areal persawahan hingga mengakibatkan badai debu. (*)

 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com