Pidato Perdana Sebagai Presiden 2019-2024, Jokowi Gaungkan Mimpi 1 Abad Indonesia

Home / Berita / Pidato Perdana Sebagai Presiden 2019-2024, Jokowi Gaungkan Mimpi 1 Abad Indonesia
Pidato Perdana Sebagai Presiden 2019-2024, Jokowi Gaungkan Mimpi 1 Abad Indonesia Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (FOTO; ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

TIMESPAPUA, JAKARTAPresiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan perdana setelah resmi dilantik menjadi presiden periode 2019-2024. Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung mimpi 1 abad Indonesia.

"Mimpi kita, cita-cita kita di tahun 2045 pada satu abad Indonesia merdeka mestinya, Insya Allah, Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah," ujar Jokowi dalam sidang paripurna pelantikan Presiden-Wapres di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama," imbuh Presiden dua periode itu.

Mimpi Indonesia di tahun 2045, kata Jokowi, Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai US$ 7 triliun. Jokowi mengklaim, Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Indonesia, masih menurut Jokowi, harus menuju ke sana.

"Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Namun, semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. Harus disertai kerja keras, dan kita harus kerja cepat, harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam dunia yang penuh risiko, dinamis, dan yang kompetitif, bangsa Indonesia harus terus mengembangkan cara dan nilai-nilai baru. Ia pun mengingatkan agar Indonesia tidak sampai terjebak dalam rutinitas yang monoton. 

"Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya," kata Jokowi dalam pidato perdananya setelah resmi dilantik menjadi Presiden bersama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com