Wagub Emil Dardak: Pertanian Jadi Penopang Utama Perekonomian Jatim

Home / Ekonomi / Wagub Emil Dardak: Pertanian Jadi Penopang Utama Perekonomian Jatim
Wagub Emil Dardak: Pertanian Jadi Penopang Utama Perekonomian Jatim Suasana HLM TPID di Kantor Grahadi Surabaya, Jumat (29/5/2020) (FOTO: dok BI untuk TI)

TIMESPAPUA, SURABAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu penopang utama perekonomian.

Dalam High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Jatim, Jumat (29/5/2020) Emil mengatakan sektor pertanian melibatkan setidaknya 1/3 tenaga kerja di Jawa Timur. Akibatnya mereka tidak mengalami goncangan yang besar akibat Covid-19.

HLM-TPID-2.jpg

Namun demikian produk turunan sektor pertanian khususnya olahan holtikultura, turut terpukul seiring dengan melemahnya sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu perlu komunikasi efektif, inovasi, dan sinergi antar stakeholders dalam memasarkan produk UMKM pangan Jatim," ujar Emil.

Dia menambahkan bahwa potensi kolaborasi dengan Lumbung Pangan Jatim merupakan salah satu jalur pemasaran.

Dalam HLM tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim Difi Ahmad Johansyah juga menyampaikan bahwa pasca HLM TPID perlu adanya evaluasi dan penguatan fungsi Lumbung Pangan Jatim. Hal tersebut dinilai agar fungsi Lumbung Pangan Jatim dapat berjalan optimal dalam pelaksanaan tugas di masa mendatang.

Selain itu juga penting dilakukan upaya mapping stok komoditas pangan Jawa Timur yang nantinya dapat menjadi landasan Kerjasama Antar Daerah berdasarkan data neraca pangan yang akurat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com