Benarkah Tomat Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Home / Gaya Hidup / Benarkah Tomat Bisa Mencegah Kanker Payudara?
Benarkah Tomat Bisa Mencegah Kanker Payudara? Ilustrasi - Manfaat tomat (FOTO: hellosehat)

TIMESPAPUA, JAKARTATomat termasuk buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang percaya bahwa tomat dapat digunakan untuk membantu mencegah kanker payudara. Benarkah demikian?

Faktanya, menurut penelitian dari Rutgers University, efek dari konsumsi tomat pada 70 wanita pasca menopause ternyata cukup berpengaruh terhadap risiko kanker payudara. 

Para peneliti menemukan bahwa diet tomat membantu meningkatkan 9% hormon adiponektin. Hormon tersebut ternyata berkaitan erat dengan pengurangan risiko kanker payudara. 

Dalam penelitian tersebut para peserta diminta untuk mengonsumsi tomat yang mengandung 25 miligram likopen setiap hari selama 10 minggu. Sebelum dilakukan pengujian, para wanita menopause diminta untuk tidak makan produk tomat selama dua minggu. 

Hasilnya pun cukup menarik. Tingkat adiponektin peserta naik sekitar 9 persen dan efeknya sedikit lebih kuat dibandingkan wanita yang indeks massa tubuhnya lebih rendah.

Hal ini mungkin dikarenakan makan buah dan sayur yang mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh menawarkan khasiat yang cukup besar. 

Misalnya, kandungan likopen dan antioksidan dalam tomat memang dapat membantu mencegah kanker payudara dan berdampak pada kadar hormon wanita yang memiliki berat badan yang sehat. 

Bahkan, dilansir dari penelitian jurnal Cancers, karotenoid dan polifenol dalam tomat juga berperan besar dalam mencegah kanker. Walaupun nilai gizinya tidak begitu besar, peningkatan konsumsi tomat cukup bermanfaat sebagai senyawa bioaktif dalam tubuh. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai efek detail tomat terhadap pencegahan kanker payudara(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com