Lewat Lima Langkah Ini, Bisa Cegah Kanker Payudara

Home / Gaya Hidup / Lewat Lima Langkah Ini, Bisa Cegah Kanker Payudara
Lewat Lima Langkah Ini, Bisa Cegah Kanker Payudara Menaklukkan kanker payudara dengan mastektomi. (FOTO: doktersehat)

TIMESPAPUA, JAKARTAKanker payudara merupakan salah satu penyakit yang rentan terjadi pada wanita.

Kanker payudara terjadi ketika sel di payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Selain itu, jika dalam keluarga anda ada yang mengidapnya, maka anda juga beresiko terkena kanker payudara.

Namun jangan khawatir, dilansir dari beberapa sumber ada 5 langkah mudah untuk mencegah terjadinya kanker payudara:

1. Pola Makan Sehat
Mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi resiko terjadinya kanker payudara. Pola makan sehat tersebut tidak hanya dengan waktu makan yang teratur, tetapi juga mengutamakan asupan makanan seperti buah, sayur, daging tanpa lemak, minyak sehat dan antioksidan tinggi. Makanan berlemak harus dihindari sebagai usaha mencegah terjadinya kanker payudara.

2. Olahraga Secara Teratur
Berolahraga merupakan aktivitas menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Berolahraga secara teratur selain dapat melatih kekuatan fisik juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Olahraga paling mudah untuk mencegah kanker payudara bisa dengan bersepeda atau berlari-lari kecil minimal 2 jam sekali dalam satu minggu. 

3. Menjaga Berat Badan Ideal
Langkah untuk mencegah kanker payudara selanjutnya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Wanita yang obesitas memiliki resiko kanker payudara lebih tinggi 20 persen daripada wanita yang memiliki berat badan ideal. Terutama pada wanita menopause jika terkena obesitas, memiliki resiko 20-40 persen terkena kanker payudara.

Lemak yang menumpuk di dalam tubuh cenderung memiliki hormon insulin yang tinggi. Hormon insulin yang tinggi menjadikan tubuh beresiko terkena kanker payudara.

4. Tidak Merokok
Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, kurangilah kebiasaan ini. Karena wanita yang sering merokok atau perokok aktif memiliki resiko kanker payudara lebih tinggi daripada wanita yang tidak merokok.

Meski hal ini belum terbukti, namun menurut penelitian yang berjudul Cancel Epidemiology Biomakers and Prevention menyatakan bahaya kanker payudara lebih dekat dengan perokok aktif, terutama dalam masa menopause.

5. Tidak Mengonsumsi Alkohol
Langkah mencegah kanker payudara selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi alkohol.

Potensi terkena kanker payudara bagi wanita yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi 7-12 persen, daripada wanita yang tidak mengonsumsi alkohol. Hal ini karena alkohol mempengaruhi jumlah hormon esterogen dalam tubuh. Maka, mulai saat ini hindarilah alkohol agar anda terhindar dari bahaya kanker payudara. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com