Yuk, Hindari Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Home / Gaya Hidup / Yuk, Hindari Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak Sepanjang Malam
Yuk, Hindari Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Ilustrasi tidur nyenyak. (Shutterstock.com)

TIMESPAPUA, JAKARTATidur nyenyak sangat diperlukan tubuh dan otak untuk bisa bekerja dengan optimal. Ada beberapa jenis makanan enak dan minuman yang bisa membuat tidur Anda menjadi berkualitas. Namun, ada juga yang justru bisa menjadi pengganggu tidur.

Berikut adalah deretan makanan dan minuman yang perlu Anda hindari agar tidur nyenyak sepanjang hari.

1. Gorengan

Gorengan adalah jenis makanan berlemak. Makanan jenis ini akan melewati sistem pencernaan lebih lambat daripada protein dan karbohidrat, sehingga tubuh Anda justru masih akan bekerja pada saat Anda mencoba tertidur,

2. Sambal pedas

Alasan untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur ada dua. Pertama, jenis makanan ini rentan mengiritasi lambung dan menyebabkan mulas, membuat Anda jadi sulit tidur. Sementara yang kedua, makanan pedas juga dapat memperburuk gejala asam lambung.

3. Alkohol

Anggapan bahwa alkohol dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak ternyata salah besar. Menurut dr. Alvin, konsumsi alkohol sebenarnya justu menyebabkan seseorang lebih sulit untuk mencapai tidur nyenyak pada fase dalam, juga dikenal sebagai tidur REM.

4. Cokelat

Satu ons cokelat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang merupakan seperempat dari jumlah dalam secangkir kopi. Jadi, makan cokelat sebelum tidur mungkin lebih baik dihindari.

5. Kopi

Kandungan kafein bisa membuat Anda terjaga, sehingga perlu dibatasi jam konsumsi dan jumlahnya. Sebaiknya, paling lambat pada sore hari, bukan saat menjelang tidur.

6. Minuman olahraga

Minuman olahraga atau pembentuk tubuh, seperti susu atau protein bubuk, sering mengandung kafein untuk meningkatkan kinerja atlet. Jangan meminumnya mendekati waktu tidur, dan periksa label di minuman protein Anda ketika menyelesaikan sesi olahraga untuk memastikan tidak ada kafein di dalamnya.

Itulah deretan makanan yang dianjurkan untuk supaya Anda bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika Anda suka ngemil makanan enak sebaiknya Anda menghindarinya saat menjelang tidur. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com