Tips Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Mudah

Home / Gaya Hidup / Tips Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Mudah
Tips Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Mudah ILUSTRASI - Mengonsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya inulin dan beta-glukan. (FOTO: MSN.com)

TIMESPAPUA, JAKARTA – Kadar kolesterol tinggi merupakan kondisi serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang naik bisa Anda turunkan kadarnya kembali stabil. Namun, bagaimana caranya? Berikut beberapa tips menurunkan kadar kolesterol yang bisa Anda lakukan.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Merokok bukan hanya musuh bagi paru-paru Anda, tapi bagi semua jaringan tubuh, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, zat kimia lainnya yang terkandung pada rokok bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Keduanya dapat membentuk plak berlilin di arteri.

Untuk menurunkan kembali kadar kolesterol jahat yang naik akibat merokok, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok serta menghindari asap rokok.

2. Naik tangga, kurangi naik lift

Aktif bergerak ternyata menyehatkan tubuh. Salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada orang kantoran. Pekerja kantoran cenderung menghabiskan waktu untuk duduk di depan laptop. Kurang aktifnya tubuh untuk bergerak ini bisa menyebabkan kadar kolesterol naik.

3. Kurangi jajan junk food

Junk food cenderung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi sembarangan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga memicu kadar kolesterol jahat melonjak naik.

4. Sempatkan olahraga ringan di sela pekerjaan

Selain mencoba lebih aktif di kantor dengan naik tangga, olahraga juga bisa dijadikan pilihan. Olahraga membantu mengendalikan berat badan sekaligus menurunkan kadar kolesterol bagi pekerja kantoran.

5. Konsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya inulin dan beta-glukan

Menurunkan kadar kolesterol pada orang kantoran juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Contohnya serat beta-glukan dan inulin.

Menurut studi, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Begitu juga dengan kandungan prebiotik pada inulin dapat mengurangi kadar serum dari LDL dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat baik ini dari minuman mengandung susu yang telah diperkaya beta-glukan dan inulin. Akan tetapi, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda tetap disarankan untuk menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan rajin memeriksakan kadar kolesterol. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com