Memilih Pakaian yang Tepat saat Cuaca Panas, Caranya?

Home / Gaya Hidup / Memilih Pakaian yang Tepat saat Cuaca Panas, Caranya?
Memilih Pakaian yang Tepat saat Cuaca Panas, Caranya? Ilustrasi Memilih Pakaian yang Tepat. (foto: review.bukalapak)

TIMESPAPUA, JAKARTA – Mengenakan pakaian yang cocok saat suasana panas, tentu bisa mempengaruhi mood dan kelancaran Anda menjalani aktivitas. Sebaliknya, jika salah pilih, Anda justru bisa merasa tidak nyaman dan terganggu. Bagaimana cara memilih pakaian saat cuaca panas?

1. Pilih bahan yang tepat

Pakaian terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari wol, katun, polyester, nilon, linen, atau sutra. Jika cuaca panas, memilih pakaian berbahan katun atau linen sangat direkomendasikan.

Pakaian dengan bahan ini memungkinkan udara di kulit bersirkulasi dengan baik. Selain itu, bahan pakaian ini juga sangat baik dalam menyerap keringat.

Hindari pakaian yang terbuat dari sutra, polyester, atau wol yang tidak menyerap keringat dengan baik dan membuat tubuh semakin panas.

2. Pilih ketebalan baju

Memilih pakaian tebal saat cuaca panas dapat membuat suhu tubuh Anda meningkat. Akibatnya, keringat yang dikeluarkan akan semakin banyak. Selain itu, udara di kulit juga tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Jadi, pilih pakaian yang lebih tipis, supaya kulit dapat bernapas lega dan Anda tidak kepanasan.

3. Pilih warna baju

Biasanya Anda memilih warna pakaian berdasarkan suasana hati atau acara yang akan Anda hadiri. Namun, saat cuaca panas, Anda lebih baik memilih pakaian dengan warna yang terang, seperti putih, light blue, pink atau kuning pucat.

Warna terang memiliki sifat memantulkan cahaya. Sementara warna gelap dapat menyerap cahaya. Jadi, memakai pakaian dengan warna terang jauh lebih sejuk ketimbang pakaian berwarna gelap.

4. Pilih pakaian yang longgar

Selain warna, ketebalan, dan bahan, memilih pakaian yang tepat saat cuaca panas juga melibatkan ukurannya. Memakai pakaian yang ketat, membuat udara di kulit sulit bersirkulasi.

Selain itu, pakaian ini juga rentan menimbulkan gesekan antara kulit dan pakaian. Akibatnya, kulit bisa lecet jika Anda aktif bergerak. Jadi, memilih pakaian longgar lebih direkomendasikan untuk dipilih ketika cuaca panas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com