8 Cara Alami Menghilangkan Plak Gigi

Home / Gaya Hidup / 8 Cara Alami Menghilangkan Plak Gigi
8 Cara Alami Menghilangkan Plak Gigi ILUSTRASI - Gigi putih bersih. (FOTO: iStock)

TIMESPAPUA, JAKARTA – Gigi putih bersih tentu membuat Anda semakin percaya diri. Namun, tidak demikian bila ada plak atau karang gigi. Selain mengurangi percaya diri, plak yang menumpuk bisa menimbulkan bau mulut. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi kopi berlebih, dan sikat gigi yang tidak teratur bisa menjadi beberapa penyebab munculnya plak. Bagaimana cara menghilangkan plak gigi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi plak pada gigi.

1. Baking soda

Baking soda dipercaya untuk membantu menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Kamu bisa membuat baking soda menjadi pasta gigi dengan mencampurkan sejumput garam. Gunakan pasta ini saat kamu sikat gigi selama 2 menit dan bersihkan dengan air. Selain untuk menghilangkan karang, baking soda juga dapat membantu untuk memutihkan gigi.

2. Lidah buaya

Untuk membuat pasta gigi alami dari lidah buaya, Anda memerlukan bahan-bahan seperti:

1 gelas air
1/2 cangkir baking soda
1 sdt lidah buaya
4 sdt gliserin sayuran
1 sdt minyak atsiri lemon

Sikat gigi Anda dengan semua bahan yang sudah dicampur. Ini akan membuat gigi Anda terlihat lebih putih dan cerah.

3. Kulit jeruk

Jangan membuang kulit jeruk setelah Anda memakan buahnya. Ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi Anda dan mencerahkan. Selain itu, kulit jeruk juga membantu mencegah noda dan melawan bakteri di gigi. Anda hanya cukup menggosok kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

4. Biji wijen

Mengunyah biji wijen ternyata memiliki dampak baik untuk membersihkan plak-plak pada gigi. Ambil segenggam biji wijen dan kunyah selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa biji wijen menggunakan gosok gigi. Biji wijen juga dapat digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan noda membandel di gigi.

5. Cuka

Di balik rasanya yang kecut, ternyata cuka dapat membersihkan gigi. Campurkan 2 sdt cuka, 1 sdt garam, dan beberapa tetes air. Gunakan cara ini 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, sama seperti baking soda, menggunakan cuka baiknya tak terlalu banyak karena dapat merusak lapisan pelindung gigi. 

6. Mengunyah apel

Menurut beberapa penelitian, mengunyah satu buah apel berpotensi merontokkan plak gigi jika dilakukan secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan apel yang bermanfaat bagi tubuh kita. Apel kaya akan kandungan asam alami yang mana bermanfaat untuk menghilangkan plak gigi. Hal ini akan memudahkan kita untuk membasmi plak gigi ketika menyikat gigi.

Caranya, cukup konsumsi satu buah apel secara rutin setiap hari. Selain tubuh kita menjadi lebih sehat, gigi juga menjadi lebih bersih dan terhindar dari plak gigi.

7. Mengunyah daun sirih

Mengunyah daun sirih memang tidak semua orang menyukainya. Namun daun sirih sangat membantu menghilangkan plak gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

8. Menggunakan cengkeh

Cengkeh biasa digunakan untuk obat penyembuh sakit gigi. Selain untuk menyembuhkan sakit gigi, ternyata cengkeh juga mampu menghilangkan plak gigi. Tumbuk cengkeh hingga berbentuk bubuk dan oleskan pada plak gigi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com