Pagelaran Selomangleng Kembali Digelar Pemkot Kediri

Home / Wisata / Pagelaran Selomangleng Kembali Digelar Pemkot Kediri
Pagelaran Selomangleng Kembali Digelar Pemkot Kediri Didik Nini Thowok saat memeriahkan Majestic Panji Sekartaji. (FOTO: Istimewa)

TIMESPAPUA, KEDIRIPemkot Kediri melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudparpora) kota Kediri kembali menggelar pagelaran Selomangleng yang bertajuk "Majestic Panji Sekartaji" di kawasan Goa Selomangleng, Minggu (20/10/2019). 

Nur Mukhyar Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengungkapkan, dalam pagelaran Selomangleng ini, kita mengundang para seniman dan budayawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Kemasan dari pagelaran ini memang alami dan tradisional tetapi juga banyak unsur unsur modern yang masuk dalam pagelaran ini. "Kita mewadahi semua seni yang ada di Kota Kediri maupun kolaborasi dengan daerah lain dan mancanegara. Kedepan Kota Kediri bisa memiliki sebuah pagelaran yang berskala internasional," ujarnya. 

Nur Muhyar menambahkan, Kota Kediri baru saja menerima anugerah kebudayaan Nasional, oleh karena itu menjadi kewajiban kita untuk terus mengembangkan kesenian dan Kebudayaan di Kota Kediri.

"Yang pertama memberikan edukasi kepada anak-anak tentang budaya tradisi budaya bangsa kita. Yang kedua mengemas pagelaran ini menjadi pagelaran yang berskala luas dan juga berkualitas. Dan yang ketiga mengaitkan pagelaran ini dengan kegiatan ekonomi masyarakat sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat," tandasnya. 

Dalam pagelaran yang berskala internasional tersebut, cerita yang diangkat tentang kehidupan bersatunya Kerajaan Jenggala dan Panjalu. Di mana Kediri jaman itu yang digambarkan sebagai kota metropolis. 

Selain pagelaran tari, acara tersebut juga mementaskan kolaborasi wushu dan barongsai dari Kota Kediri. Ada pula seni musik oleh Sri Encik Krishna dan Bagus Mazasupa dari Yogyakarta. Seni teater Rudolf Puspa asal Jakarta dan Teater Veteran Satoe dari Kediri juga unjuk gigi.

Penampilan mereka melengkapi festival tari yang diikuti 10 penari dari dalam dan luar negeri di Pagelaran Selomangleng yang digelar Pemkot Kediri ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com